Rabu, 20 Agustus 2014

Review Software - Kaspersky

04.19 Posted by Irfan No comments

Assalamualaikum Wr. Wb.

Selamat sore sahabat blogger, hari ini saya akan sedikit mengulas ( review ) tentang Kaspersky Antivirus. Ada yang tahu Kaspersky Antivirus ? Ada yang tau apa keunggulan Kaspersky Antivirus ? Kalau belum tahu mari kita simak.




Pengenalan Kaspersky

         Kaspersky Lab merupakan perusahaan antivirus yang perusahaannya sendiri didirikan di moskow  oleh Natalia Kasperskaya  dengan nama asli Лаборатория Касперского (Laboratoriya Kasperskovo) dan bekerja sama dengan Eugene Kaspersky sebagai penemu kaspersky pada 26 Juni 1997, dan menawarkan produk anti-virus, anti-spyware, anti-spam, and anti-penghancur. Kaspersky Lab adalah perusahaan pribadi yang bermarkas di Moskwa, Rusia dengan kantor cabang regional di Jerman, Perancis, Belanda, Inggris Raya, Polandia, Romania, Swedia, Jepang, Cina, Korea dan Amerika Serikat.

Sejarah Kaspersky
                             

           Kaspersky telah menjadi salah satu perusahan antivirus komputer ternama dunia. Namun, tahukah Anda kalau Kaspersky sendiri diambil dari nama pemilik sekaligus CEO-nya, Eugene Kaspersky. Bermula pada tahun 1989, ketika sedang asik bekerja tiba-tiba ada virus terdeteksi di komputer. Serangan virus pertama ke komputernya itu membuat Eugene Kaspersky semakin tertarik untuk mempelajari bidang virus dan antivirus. Sampai akhirnya, ia dikenal sebagai pencipta Kaspersky Anti-Virus.


Fitur-Fitur Kaspersky

  1. Scan = membersihkan komputer lain dari virus.
  2. Update = untuk mengupdate software versi terbaru dari Kaspersky Lab.
  3. Parental Control = menyediakan control yang fleksibel dan efektif untuk menjaga anak-anak secara aman di saat mereka menggunakan komputer dan internet.
  4. Tools = menampilkan alat-alat untuk membersihkan USB dari virus, menganalisis web browser, dll
  5. Safe Run for Applications = mengunci atau membuka aplikasi-aplikasi yang tidak diketahui di lingkungan yang terisolasi dari sistem operasi agar tidak membahayakan.
  6. Applications Activity = Menampilkan status aplikasi-aplikasi yang berjalan.
  7. Network Monitor = Memonitor semua jaringan termasuk kecepatan download dan upload.
  8. Vitual Keyboard = Menampilkan virtual keyboard di layar
  9. Safe Run for Website = Melindungi saat kita menjelajah di dunia maya.
  10. Quarantine = Mengolah file-file yang sedang dikarantina

Versi-Versi Kaspersky

         1. Kaspersky Anti Virus 2009 8.0.0.454

Kaspersky antivirus 2009 merupakan perkembangan Kaspersky antivirus versi Beta 8.0.0.268. Adapun fungsi Kaspersky antivirus 2009 antara lain:
1. Melindungi dari virus komputer, Trojan & Worms
2. Melindungi dari spyware & adware
3. Melindungi disk
4. Men-support Windows Vista

Versi ini memiliki beberapa kelebihan, diantaranya :
  1.      Melindungi komputer & notebook dari Virus komputer dan program-program jahat lainnya
  2.      Memiliki perlindungan terhadap serangan dari segala jenis virus computer
  3.      Memberikan email protection, dimana Kaspersky AntiVirus 2009 mampu mendeteksi lalu lintas email secara real-time, baim untuk email yang keluar ataupun yang masuk
  4.      Mampu mendeteksi semua lalu lintas internet tanpa memandang jenis browser yang pengguna pergunakan dan menghancurkan Trojans dan Keylogger sehingga mampu memberikan keyakinan akan keamanan data pengguna
  5.      Adanya proteksi yang stabil & kritis. Maksudnya apabilakomputer terinfeksi oleh suatu virus, pengguna dapat memperbaiki dan non-infeksikan system secepatnya dengan menggunakan Rescue Disk pada Kaspersky meskipun operating system sudah dalam keadaan rusak sekalipun
           2. Kaspersky Internet Security 2009 Beta 8.0.0.268

Meskipun berfungsi sebagai antivirus, software ini lebih memfokuskan diri kepada masalah keamanan pada saat komputer terhubung dengan jaringan Internet. Secara garis besar, software ini menawarkan feature-feature perlindungan yang andal terhadap virus, spyware, spam, dan serangan hackers.

Software ini terbagi atas dua bagian utama, yaitu ”Protection” dan ”Scan”. Di bagian Protection, pengguna dapat melakukan setting terhadap proteksi secara real time, seperti pemakaian firewall, filter, proactive defense, file Anti-Virus, Mail Anti-Virus, Anti-Phising, Anti-Dialer, Anti-Spam, dan Anti-Banner, hingga Parental Control untuk menjaga aktivitas browsing. Perlindungan secara real time ini setiap saat dapat melakukan proteksi dan akan menampilkan pop-up Windows di pojok kanan desktop jika ditemukan adanya ancaman terhadap sistem. Kemudian pada bagian Scan memiliki dua menu, yaitu "Full Scan" dan "Quick Scan". Full Scan akan melakukan scan komputer secara menyeluruh, termasuk e-mail dan startup objects. Namun, Quick Scan akan melakukan scan terhadap System Memory, StartUp Objects, dan disk book sectors. Bagian Help menu-nya masih terlihat belum sempurna karena masih versi beta. Namun, di luar masalah menu Help, hasil pengujian yang dilakukan CHIP menunjukkan bahwa software ini dapat berfungsi dengan cukup baik pada semua fungsinya dalam menjaga keamanan komputer dari berbagai serangan yang tidak diinginkan.

Meskipun baru versi beta, tetapi software ini dapat diandalkan menjaga keamanan komputer Anda pada saat menjelajahi dunia maya.


3. Kaspersky Anti Virus 7.0

Kaspersky Anti Virus 7.0 memberikan pilihan bagi konsumen dengan dua solusi terbaik pengamanan, yaitu menawarkan perlindungan proaktif dan reaktif terkini terhadap virusvirus, dan perlindungan terhadap serangan dari email dan lalu lintas internet. Untuk pengguna yang memilih rangkaian pengamanan lengkap, Kaspersky Internet Security 7.0 memberikan perlindungan terhadap spyware, hacker, dan spam. Antivirus versi ini memberikan solusi lebih lebar bagi klien perusahaan untuk melindungi tidak hanya workstation, tetapi juga file dan server email, email gateway, dan server proxy,yaitu dengan menggunakan Kaspersky Business Optimal dan Kaspersky Corporate Suite. Ditambahkan pula, kernel Anti Virus Kaspersky terintegrasi didalam solusi managemen.
Resiko yang dihasilkan oleh vendor terdepan seperti Aladdin, Nokia ICG ,F-Secure, Sybari, G Data, Deerfield, Alt-N, Microworld dan Borderware.


Kelebihan Kaspersky

  1. Terdapat fitur Self Defense. Jadi virus tidak bisa mematikan kaspersky. Jadi kaspersky tidak mungkin jadi virus/terinfeksi virus. 
  2.      Memiliki perlindungan terhadap serangan dari segala jenis virus computer
  3.      Memberikan email protection, dimana Kaspersky AntiVirus 2009 mampu mendeteksi lalu lintas email secara real-time, baim untuk email yang keluar ataupun yang masuk
  4.      Mampu mendeteksi semua lalu lintas internet tanpa memandang jenis browser yang pengguna pergunakan dan menghancurkan Trojans dan Keylogger sehingga mampu memberikan keyakinan akan keamanan data pengguna
  5.      Adanya proteksi yang stabil & kritis. Maksudnya apabilakomputer terinfeksi oleh suatu virus, pengguna dapat memperbaiki dan non-infeksikan system secepatnya dengan menggunakan Rescue Disk pada Kaspersky meskipun operating system sudah dalam keadaan rusak sekalipun

Kekurangan Kaspersky

  1.          Untuk proses awal start program sedikit agak lama karena loading database terlebih dahulu.
  2.      Proses scanning yang lama, memakan waktu +/- 15 menit untuk Drive C:\ yang hanya berisi System.
  3.      Update daily.zip yang seringkali broken.

         System Requirement

        General Requirements:
          1.  About 480 MB free space on the hard drive
          2. Microsoft Internet Explorer 6 or higher
          3. Microsoft Windows Installer 2.0
          4. Internet connection for product activation
          5. CD/DVD drive for installation of the program from the CD

        Hardware:
          1. Processor 800 MHz or higher
          2. 512 MB available RAM
          3. Processor 1 GHz 32-bit /64-bit or higher
          4. 1 GB RAM (32-bit) or 2 GB RAM (64-bit)

Nah, sudah tahu kan apa itu Kaspersky Antivirus ? Dapat dibilang Kaspersky merupakan salah satu vendor Antivirus terbesar didunia, tapi terserah kepada para sahabat blogger untuk memilih Antivirus yang diinginkan. Oh iya, mungkin kapan-kapan saya akan berikan slide powerpoint agar kalian lebih mengerti . Sekian ya, Selamat Sore ..
Wassalamualaikum Wr. Wb.








0 komentar:

Posting Komentar